Monday, December 18adalahukum.com

Terpilih jadi Ketua APSI Banten, Bandrul Munir Siap Besarkan APSI

ADALAHUKUM.COM, Jakarta. Musyawarah Wilayah (Muswil) Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) wilayah Propinsi Banten yang digelar (Jum’at, 22/9) telah menghasilkan kepemimpinan baru dimana terpilih secara aklamasi Badrul Munir, S.Ag, S.H, M.H, CLA sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) APSI Banten. Badrul Munir bukanlah sosok yang asing bagi APSI, karena ia telah berkiprah malang melintang dalam berbagai pendampingan perkara di Pengadilan. Alumni Fakultas Syariah IAIN (UIN) Syarif Hidayatullah ini banyak menangani berbagai perkara kontroversial mulai perkara korupsi para pejabat hingga kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahja Purnama alias Ahok beberapa waktu lalu. Menurut Bandir, sapaan Badrul Munir, mendampingi perkara-perkara kontroversial dan menjadi perhatian publik adalah bagian dari sebuah konsekuensi profesionalisme seorang Advokat. “Cibiran dan ejekan, adalah resiko profesi, tetapi dibalik itu ada banyak hikmah yang perlu kita renungkan, bahwa memang tidak mudah menegakkan keadilan berdasarkan hukum” ujar pria yang juga seorang auditor hukum ini.

Setelah terpilih menjadi Ketua DPW APSI, ia berjanji akan mengembangkan APSI lebih luas di propinsi Banten, dengan program-program pendidikan dan bantuan hukum untuk masyarakat Banten. Bahkan demi merealisasikan janjinya, Badrul Munir akan mengundurkan diri sebagai Pengurus DPN Peradi yang selama ini digelutinya. “Saya siap mundur dari DPN Peradi demi APSI di Banten” tegas Bandir yang juga pernah duduk di kepengurusan DPP APSI.

Menurut Abd Aziz atau dikenal Aziz Bro, salah satu panitia Muswil, Badrul Munir terpilih secara aklamasi melalui musyawarah diantara para Advokat Syariah di wilayah Banten. “Badrul Munir memang saat ini masih menjabat salah satu pengurus DPN Peradi, tetapi ia berjanji akan segera mengundurkan diri untuk membesarkan APSI Banten” ujar pria asli Pemalang ini. Menurutnya sesuai AD/ART APSI, pengurus ini DPP, DPW dan DPC tidak boleh merangkap jabatan dengan Organisasi Advokat lainnya, sehingga jika hendak menjadi Pengurus inti sudah seharusnya mengundurkan diri dari pengurus OA lain.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP APSI, Irfan Fahmi, DPW APSI Banten merupakan DPW baru, sehingga dengan adanya kepengurusan DPW APSI Banten ini diharapkan APSI akan semakin berkibar kiprahnya di Propinsi Banten. “Banten itu penyangga ibu kota, saatnya APSI berkibar disana”, pungkas mantan Ketua APSI DKI ini.