Monday, December 18adalahukum.com

Kalah Dipengadilan, Eks Karyawan GL Zoo Dihukum Bayar Ganti Rugi

ADALAHUKUM.COM, – Bantul. Pengadilan Negeri Bantul mengabulkan gugatan yang diajukan oleh PT Buana Alam Tirta pengelola Kebun binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta terhadap mantan karyawannya Sage. Dalam putusannya, Majelis Hakim yang diketuai oleh Laily Fitria Titin A, dengan anggota Zainal Arifin dan Cahya Imawati menyatakan bahwa Sage selaku Tergugat I telah melakukan perbuatan melawan hukum (onregmatigedaad) dan sangat merugikan Penggugat, oleh karenanya dihukum untuk membayar kerugian materil sebesar Rp 124.410.000, serta membayar uang paksa (dwangsom)  sebesar Rp 200.000,- per hari atas keterlambatan pembayaran kepada Penggugat maksimal seminggu setelah putusan berkekuatan hukum tetap serta membayar ongkos perkara sebesar Rp 984.000,-.

Atas putusan ini Kuasa Hukum GL Zoo, Agus Suprianto dan Thalis Noor Cahyadi merasa cukup puas atas putusan tersebut. “Meskipun yang dikabulkan hanya sebagian, tapi itu adalah hal yang substansial, oleh karenanya kami cukup puas dan respek atas itu” ujar Agus. Sementara Sage selaku Tergugat I tidak melakukan upaya hukum dan dengan demikian putusan tersebut dapat dinyatakan berkekuatan hukum tetap.

Munculnya gugatan ini bermula saat Sage masih menjadi karyawan GL Zoo, dengan posisi sebagai Kepala Unit Nutrisi pada Bidang Nutrisi dan Kesehatan Hewan yang sejak 19 Januari 2012 diberikan tugas membelanjakan anggaran pembelian pakan satwa di Kebun Binatang Gembiraloka milik Penggugat. Selama periode 14 April 2015 sampai dengan 5 Februari 2016, Sage telah mengambil uang milik Penggugat dengan tanpa ijin atau persetujuan dari Penggugat yang mana uang tersebut sedianya diperuntukkan sebagai anggaran dana tambahan nutrisi pakan satwa khusus daging kambing untuk 7 (tujuh) ekor harimau setiap hari Rabu berupa daging kambing seberat 17 Kg seharga Rp 110.000,-/Kg (seratus sepuluh ribu rupiah per kilogram) dengan jumlah total mencapai Rp 124.410.000,- (seratus dua puluh empat juta empat ratus sepuluh ribu rupiah). Atas kejadian tersebut pihak GL Zoo kemudian melaporkan perbuatan Sage tersebut kepada Kepolisian pada14 April 2016. Terhadap laporan polisi tersebut  Pengadilan Negeri Yogyakarta kemudian telah menjatuhkan pidana penjara selama 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan kepada Sage karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan, sebagaimana putusan pidana No.: 199/Pid.B/2016/PN Yk tertanggal 23 Agustus 2016 yang mana putusan tersebut telah berkekuatan hukum tetap.