Saturday, April 21adalahukum.com

AASI Perkuat Litrerasi dan Edukasi Asuransi Syariah

(Jakarta/ROL). Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) akan mengoptimalkan literasi dan edukasi asuransi syariah kepada masyarakat, demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Bidang Humas dan Literasi AASI, Bunbun Machbub menjelaskan, salah satu program yang menjadi perhatian khusus bagi AASI ke depannya dengan memberikan literasi dan edukasi kepada masyarakat luas mengenai manfaat dari asuransi syariah, sebagaimana dilansir berita www. republika.co.id
“Fungsi edukasi dan literasi akan dioptimalkan oleh AASI dalam rangka membangun awareness masyarakat mengenai keberadaan asuransi syariah sebagai alternative business model yang lebih adil bagi para stakeholdernya, namun juga memberikan pemahaman utuh kepada masyarakat umum mengenai asuransi syariah,” ujar Bunbun di Jakarta, Selasa (29/8).
Menurut Bunbun, AASI juga akan berkontribusi dalam melakukan sosialisasi terkait Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) No. 106/DSN-MUI/X/2016 mengenai wakaf manfaat asuransi dan manfaat investasi pada asuransi jiwa syariah, terutama dalam aplikasinya di asuransi jiwa syariah.
Sosialisasi dan literasi terkait wakaf manfaat asuransi diharapkan semakin memperkuat posisi lembaga asuransi syariah sebagai pendukung gerakan penguatan ekonomi syariah di tanah air, dimana potensi wakaf di Indonesia sampai saat ini dirasa belum optimal.
“Hal ini sebagai upaya untuk mendukung wakaf sebagai salah satu kekuatan pengembangan ekonomi Islam,” kata Bunbun.
Selain itu, program kerja unggulan AASI lainnya yakni mengupayakan pemenuhan data statistik industri asuransi syariah secara lebih akurat dan terinci untuk masing-masing jenis perusahaan baik asuransi jiwa, asuransi umum maupun reasuransi.
Data ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur industri asuransi Syariah dibandingkan dengan konvensional. “Hal ini tentunya diharapkan agar industri memahami posisi industri untuk dapat melaksanakan peningkatan pangsa pasar secara organik,” katanya.