Monday, December 18adalahukum.com

Afdal Zikri, Profil Nahkoda Santun Organisasi Advokat

ADALAHUKUM.COM, Jakarta. Tanggal 24 September, merupakan tanggal istimewa bagi Afdal Zikri, betapa tidak ditanggal itulah 49 tahun lalu Afdal Zikri dilahirkan di sebuah kampung di daerah Sungai Kasai, Sumatera Barat, tepat pada hari Selasa 1 Rajab 1388 Hijriyah.

Afdal Zikri adalah seorang Advokat senior yang telah malang melintang dalam dunia profesi hukum. Berbagai kasus publik telah ia tangani dari kasus buruh hingga selebritis. Afdal bagi para juniornya merupakan referensi utama bagai penanganan kasus-kasus hukum terutama terkait dengan sengketa hukum keluarga. Ia bahkan menjadi menjadi icon dalam sengketa perdata dalam dunia peradilan agama. Tak heran banyak hakim agama menaruh hormat padanya. Bahkan Afdal selalu diminta mengajar para calon hakim di Mega Mendung, Pusdiklat MA RI.

Meski sebagai seorang Advokat senior, Afdal selalu bersikap ramah dan tawadhu’ kepada siapapun, termasuk kepada para juniornya. Latarbelakangnya sebagai seorang santri di Madrasah Sumatera Thawalib, Parabek, Bukit Tinggi Sumatera Barat, membuatnya selalu bertekad untuk rendah hati kepada siapapun dan berusaha memiliki akhlak mulia.

Alumni Fakultas Syariah IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta ini saat ini menjadi nahkoda dari sebuah organisasi advokat syariah terbesar di Indonesia yakni sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengacara Syari’ah Indonesia (DPP-APSI). Melalui sebuah Musyawarah Nasional pada 27 Nopember 2014 lalu, para Advokat Syariah dari seluruh Indonesia bermufakat untuk memberikan amanah kepada Afdal Zikri sebagai pimpinan tertinggi di APSI. Munas yang juga dihadiri oleh Ketua-Ketua Organisasi Advokat lainnya seperti Peradi dan KAI, juga dihadiri oleh Hakim Agung, dan para Dekan Fakultas Syariah di seluruh PTIN di Indonesia.

Terpilihnya Afdal sebagai Ketua Umum DPP APSI, menjadikan APSI memasuki babak baru, dimana setelah lebih dari satu windu APSI mengalami kevakuman organisasi, seiring dengan berbagai persoalan yang menimpa seluruh organisasi advokat di Indonesia, mulai dari soal pecahnya wadah tunggal Peradi, munculnya KAI dan terbelahnya banyak organsiasi Advokat lainnya. “ Alhamdulillah, kita bersyukur APSI masih eksis dan tidak terpecah, Munas ini adalah pijakan awal kebangkitan advokat syariah” ujar alumni Magister Hukum STIH IBLAM ini sesaat setelah terpilih sebagai Ketua Umum DPP APSI, 2014 lalu.

Apa yang disampaikan oleh Afdal Zikri memang bukan isapan jempol belaka, sejak dirinya didapuk sebagai Ketua Umum DPP APSI, berbagai program digulirkan dari yang bersifat nasional hingga wilayah. Mulai 2015, APSI telah melaksanakan program pendidikan, baik Pendidikan Profesi Advokat maupun Pendidikan Mediator Ekonomi Syariah, dimulai dari Nusa Tenggara Barat dan D.I.Yogyakarta dan hingga kini terus meluas hingga ke Aceh dan Maluku. Dengan menggandeng Perguruan Tinggi Islam di bawah Kementerian Agama RI, APSI mampu merambah ke pusat-pusat akademis masyarakat di seluruh Indonesia. “Alhamdulillah saat ini sudah ada 23 Wilayah di Indonesia” ujar ayah tiga anak ini. (baca: Dukung Putusan MK, APSI sejak dulu gandeng PTKIN terakreditasi)

Program lain yang dikembangkan oleh Afdal yang tak kalah penting adalah program bantuan hukum, melalui Pusat Mediasi dan Bantuan Hukum (PMBH) APSI telah mampu berkiprah di masyarakat, terlebih APSI telah menggunakan sarana elektronik untuk program pos bantuan hukum (posbankum) di Pengadilan-Pengadilan Agama di Indonesia. (baca: Bela Korban First Travel, Pusmedbakum APSI Hadiri Rapat Kreditur Dalam Penyelesaian Putusan PKPU)

“Tentu tantangannya sangat berat ke depan, dan ini menjadi tanggungjawab seluruh Advokat Syariah dan APSI terus bersiap menghadapi tantangan itu” kata kandidat Doktor UIN Sunan Gunungjati Bandung ini. Menurutnya APSI adalah organisasi besar, maka APSI membutuhkan insan-insan yang berjiawa besar membangun APSI agar semakin eksis dan mampu berkiprah positif bagi pembangunan hukum nasional dengan mengedepankan integritas profesi.

Biodata Singkat:

Nama      : Drs Afdal Zikri, S.H., M.H
Tempat    : Sungai Kasai,
Tgl Lahir  : 24 September 1968
Jabatan   : Ketua Umum DPP APSI

Pendidikan:
Program Doktor Hukum Islam UIN Sunan Gunung Djati
Magister Hukum STIH IBLAM
Fakultas Hukum Universitas Indonesia Eka Unggul
Fakultas Syariah IAIN Syahid, Jakarta
MA Sumatera Thawalib Parabek, Bukit Tinggi, Sumbar
MTS Sumatera Thawalib Parabek, Bukit Tinggi,
SD Negeri 02 Kurai Taji, Sumbar

Pengalaman
Ketua YLBH Advoksi Syariah (2010-sekarang)
Wakil Ketua Peradi cabang Jakarta Barat (2004 – 2009)
Wakill Ketua DPW APSI DKI Jakarta 2004 – 2009
Pengurus LBH Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia 1998 – 2002
Pengurus Ikatan Penasehat Hukum Indonesia DPD DKI Jakarta 1998 – 2002

Incoming search terms:

  • afdhal zikri dpp apsi